Selamat datang di blog my diary,tempat berbagi pengetahuan dan pengalaman, semoga kita dapat saling berbagi

Minggu, 04 November 2012

WASPADAI "VIRUS" FOMO



Perkembengan teknologi diharapkan mempermudahpekerjaan manusia. Di bidang pendidikan guru akan lebih mudah menerima informasi dari manapun termasuk berdiskusi melalui blog. Bagi para siswa akan lebih mudah mengakses bahan-bahan yang akan dipelajari.  Guru akan lebih mudah menyampaikan bahan-bahan belajar siswa melalui blog. Seiring dengan berkembangnya gaman elektronik (gadget), orang sangat mudah mengakses intenet dimanapun. Di ruang kerja, di ruang belajar, bahkan  di kamar mandi.
FOMO ( Fear of Missing Out) adalah suatu ketidaknyamanan jika seseorang tidak bisa mengikuti aktivitas orang lain, terutama melalui jejaring sosial seperti facebook, twiter dan lain-lain. Dengan berkembangnya teknologi orang akan lebih mudah melihat kegiatan-kegiatan orang lain melalui jejaring sosial tersebut. Berdasarkan penelitian, lebih dari dua pertiga warga Amerika yang menggunakan jejaring sosial memanfaatkan unrtuk  pamer.
Jejaring sosial juga akan menciptakan anak yang berpredikat ARI (Asyik sendiRI). Mereka enggan untuk bersosialisasi dengan teman-temannya dalam dunia nyata. Mereka cenderung untuk membuka-buka gaman mereka, untuk melihat aktivitas kawan-kawan mereka melalui jejaring soisal daripada ngobrol-ngobrol dengan temannya. Banyak sekali saya amati, para siswa ketika istirahat belajar, mereka duduk-duduk bersama di teras  sekolah atau di taman, tetapi masing-masing sibuk dengan urusan sendiri, membuka-buka hand phonemereka dengan tidak mempedulikan aktivitas teman yang lain.Mereka sangat tidak mau kehilangan momen kegaiatan teman lainnya di luar dunia nyata mereka.
Yang lebih parah lagi FOMO akan menyebabkan orang berkeinginan untuk selalu berganti ganti gaman elektronik jika ada diterbitkan yang baru. Mereka  mendapatkan tekanan sosial dari sekitarnya jika tidak mengikuti trend. Nah..... waspadailah virus FOMO yang telah berkembang di kalangan masyarakat, dari ibu-ibu rumah tangga, wanita pekerja, siswa, mahasiswa dan lain-lain.

Tidak ada komentar: